Loading Kegiatan

« Semua Kegiatan

  • kegiatan ini telah berlalu.

Duet Sang Bayan dengan Sinden Wayang Koplak

21 Agustus 2018 @ 00:00

Kegiatan Navigation

Tradisi sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantunggkan hidup keluarga dan sanak famil mereka dari mengais rizqi dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Bagi masyarakat jawa khususnya para kaum petani , tradisi ritual tahunan semacam sedekah bumi bukan hanya merupakan sebagai rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan belaka. Akan tetapi tradisi sedakah bumi mempunyai makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi itu sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya jawa .

Pada acara upacara tradisi sedekah bumi tersebut umumnya, tidak banyak peristiwa dan kegiatan yang dilakukan di dalamnya. Hanya saja, pada waktu acara tersebut biasanya seluruh masyarakat sekitar yang merayakannya tradisi sedekah bumi dengan berkumpul di balaidesa dan mengadakan doa bersama sesepuh desa datar. selain itu masyarakat juga di suguhkan dengan acara pewayangan oleh wayang kidalang Koplak. masyarakat sangat antusias dalam acara tersebut hal ini dapat dilihat dari ke ikut sertaan Sang Bayan Desa yang ikut Berduet Maut dengan salah satu sinden Ki dalang Koplak. Pewayangan Dilaksanakan selama Sehari Semalam. masyarakat desa datar berharap dengan diadakannya acara sedekah bumi maka akan mendapat berkah limpahan rizki yang melimpah baik dari bumi maupun dari pekerjaan, dilimpahkan kesehatan dijauhkan dari balak ponco boyo, kemakmuran masyarakat gemah ripah loh jinawi..

 

Facebook Comments

Detail

Tanggal:
21 Agustus 2018
Waktu
00:00
Kategori Kegiatan:
Kegiatan Tags:
, , ,